Pengurus DPP Partai Demokrat bersama Pengurus Daerah Kab Halbar berpose bersama usai menetapkan Pasangan JUJUR Jilid Dua di Pilkada Halbar Tahun 2024. (FOTO: MT/FAKTA)

HALBAR, FAKTA – Bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara, James Uang dan Djufri Muhamad dikabarkan telah ditetapkan sebagai Paslon tunggal oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Demokrat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halbar 2024 mendatang.

Bakal Calon Bupati James Uang melalui siaran pers yang dilansir oleh Maluttimes.com, pada Kamis (30/5/2024) mengatakan, hasil komunikasi dengan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief telah mendapatkan angin segar terkait rekomendasi Calon Bupati dan Wakil Bupati Halbar 2024.

Menurut James, mengulangi pembicaraannya bersama Ketua Bapilu DPP Demokrat Andi Arief, DPP Partai Demokrat telah menetapkan James Uang dan Djufri Muhamad sebagai pasangan calon tunggal dari partai Demokrat pada pilkada halbar 2024.

James menjelaskan, terkait surat tugas partai Demokrat yang diberikan kepada beberapa orang calon kepala daerah di Maluku Utara, dikutip dari penjelasan Ketua Bapilu Andi Arief, hal tersebut sebagai bentuk penugasan untuk mendapatkan dukungan kursi di parlemem sebanyak 20 persen sesuai amanah Undang-Undang tentang pemilihan kepala daerah

“Jadi menurut ketua bapilu, jika saatnya Bakal Calon Kepala Daerah yang di tugaskan itu tidak dapat memenuhi ketentuan dukungan kursi 20 persen maka DPP demokrat tidak akan memberikan rekemendasi B1KWK,” kata James.

Khusus Maluku Utara, untuk Kabupaten Halmahera Barat, lanjut James, Calon Bupati dan Wakil Bupati petahana tidak lagi di berikan surat tugas, pasalnya capaian kursi untuk DPRD Halbar dari partai Demokrat sebanyak 6 kursi sesuai ketentuan dukungan kursi 20 persen.

James juga mengatakan, Restu dari DPP Demokrat terhadap paslon Jujur untuk kembali bertarung pada pilkada Halbar 27 Novemver 2024 mendatang karena dinilai telah memberikan kontribusi besar terhadap partai Demokrat.

“Kami dinilai telah memberikan kontribusi besar terhadap partai, sehingga sesuai hasil penetapan DPP Partai Demokrat, rekomendasi B1KWK final diberikan kepada Paslon bupati dan wakil bupati halbar, James Uang dan Djufri Muhamad,” ungkap James.

Meski begitu, James mengaku saat ini Pengurus DPP Partai Demokrat tengah menyiapkan seluruh berkas administrasi untuk selanjutnya diserahkan kepada pasangan bakal calon petahana bupati dan wakil bupati halbar James Uang dan Djufri Muhamad.

“Sekarang ini tinggal mengelurkan rekomendasi B1KWK dan menyerahkan kepada pasangan calon bupati dan wakil tersebut,” pungkas James mengutip hasil pembicaraan dengan ketua Bapilu DPP Partai Demokrat.

CAKEN/MT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *