79 Unit Rumah Layak Huni di Kelurahan Kasturian, Ternate.(FOTO: TS/FAKTA)

TERNATE, FAKTA – Program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) di RT 01 dan RT 03 Kelurahan Kasturian, Kecamatan  Ternate Utara,  Kota Ternate, Maluku Utara, menjadi berkah bagi 79 kepala keluarga (KK) yang menerimanya.

 

Totalnya RLH yang dibangun yaitu sebanyak 79 unit sesuai jumlah KK yang akan menempatinya.

 

Diketahui, program ini merupakan bantuan stimulan pemerintah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) integrasi senilai Rp 50 juta per-unit rumah, ditambah sharing APBD  Kota Ternate Rp 65 juta per-unit rumah.

 

Asrul Hidayat (55 tahun) salah satu warga Kasturian menyebutkan, dirinya bersama warga yang memperoleh bantuan RLH sangat bersyukur dengan adanya perhatian Pemerintah Kota  Ternate melalui bantuan tersebut.

 

Meskipun sifatnya swadaya dan pemerintah yang memberikan bantuan stimulan, namun kata Asrul, warga merasa sangat terbantu.

 

“Sebagian besar masyarakat penerima di sini itu bersyukur dengan adanya bantuan ini. Ini tergabung juga swadaya dari masyarakat jadi tidak seutuhnya dari pemerintah kota tetapi sharing antara pemerintah dengan masyarakat,” kata Asrul, Senin (8/7/2024).

 

Asrul menyebutkan, bantuan yang disalurkan pemerintah dalam pembangunan RLH ini berupa bahan bangunan, bukan dalam bentuk uang tunai.

 

Pembangunan 79 unit RLH di Kasturian menurutnya, kini sudah hampir rampung atau progresnya sudah sekitar 95 persen. Itu sebabnya, ada beberapa unit RLH yang mulai ditempati.

 

Ia pun mengaku sempat mendapat informasi bahwa 79 unit RLH di Kasturian ini bakal diresmikan dalam Juli 2024 ini.

 

 

“Penilaian sebagai masyarakat itu kami bersyukurlah, untuk masyarakat kita keseluruhan itu positif kepada pemerintah, Alhamdulillah,” cetus dia.

 

AD/TS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *