HALUT – Faktainvestigasi | Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Kie Raha 2022, Wujudkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H, yang di gelar oleh Polres Halmahera Utara, yang di ikuti gabungan Personil TNI-Polri, Dishub, Sat Pol PP, Jumat (22/04/2022).

Amanat Kapolri yang di bacakan oleh Asisten III Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yudihard Noya mewakili Bupati Halmahera Utara menyampaikan bahwa Perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat.

Selanjutnya, untuk di ketahui bahwa Idul Fitri tahun lalu berbeda dengan tahun ini, karena di tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran untuk merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur lintasan masyarakat selama perjalanan.

Yang dibacakan, walaupun situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, kita semua harus selalu waspada dengan tingginya mobilitas masyarakat dan rawan terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H.

Berbagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H harus diantisipasi melalui sinergitas dengan stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadhan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat.

Kelonggaran pemerintah dalam merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus disikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran Covid-19 tidak meningkat, Dengan terus melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan.

Selain itu juga petugas perlu mendorong pengelola tempat wisata agar aplikasi Peduli Lindungi terpasang dan benar-benar digunakan , serta melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri 1434 H di masjid maupun di lapangan.

Dan juga , Melakukan testing, tracing dan treatment terhadap kasus terkonfirmasi Covid-19 dan melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan.

Operasi yang berlangsung dari tanggal 28 April – 9 Mei 2022 harus dilaksanakan secara optimal. Perjalan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat, Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus dicegah dan diantisipasi.

Beberapa hal yang harus dipedomani dalam mendukung keberhasilan Operasi Ketupat Kapuas 2022 antara lain melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Karena Polri adalah wujud representasi negara di tengah masyarakat. ( Jefry )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *