HALUT – Faktainvestigasi | Gempa Bumi yang mengguncangkan Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara dengan kekuatan Magnitudo 5,2, pada hari Senin 18 April 2022 pukul 12.04 Wit.

Akibat adanya Gempa Bumi Mag : 5,2, Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,97° LU ; 127,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Galela Utara, Halmahera Utara, Maluku Utara pada kedalaman 116 km, dan tidak berpotensi Sunami.

Sehingga dari dampak Gempa Bumi tersebut, mangakibatkan kerusakan Berat, kerusakan Sedang dan kerusakaan Ringan rumah warga dan satu tempat ibadah rusakk berat.

Kapala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Benca Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara Heny Tonga kepada awak media ini sampaikan bahwa dengan adanya terjadi Gempa Bumi di Halmahera Utara hari ini Senin 18 April 2022, pukul 12.04, BPBD Halut telah menindak lanjuti langsung turun lapangan.

Untuk data sementara, yang di peroleh dari petugas di lapangan yaitu di Kecamatan Galela untuk Desa Barataku 12 rumah rusak berat, 21 rumah rusak ringan sebanyak 34 KK 156 jiwa, Desa Simau Kecamatan Galela 8 rumah rusak berat, 11 rumah rusak ringan.

Sementara untuk Kecamatan Galela Barat Desa Ngidiho 25 rumah rusakk berat dan 1 tempat ibadah rusak berat, dan Desa Dokulamo terdapat 15 rumah warga rusak berat.

Heny Tongo Menghimbau kepada masyarakat agar dapat berlindung di tempat yang lebih aman dan keluarga yang terdekat, karena BPBD sementara untuk siapkan Tenti Tenti pengusi dan juga ke rumah ibadah yang masih kosong,” tutur Kabid.

( Jefry )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *