HALTENG – Faktainvestigasi | Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah, Kini Warga Desa Kluting jaya Pada Jum’at (01/04/2022) Sekitar Pukul 08:00 Pagi Tadi, Bergotong Royong Membersihkan Masjid Hijratun Hidayat Desa Kluting Jaya Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara (Malut).

Suasana saat warga desa kluting jaya Halteng membersihkan Halaman Masjid (Foto: Rudi Mansur)

Imam Masjid Hijratun Hidayat, Hasdi Kasiran Saat dikonfirmasi Awak media Usai Memebersihkan Masjid Menyampaikan, Pembersihan masjid oleh warga ini Bertujuan untuk kenyamanan ketika beribadah di bulan puasa dan dapat lebih khusyuk.

“Kebiasaan ini sudah berlangsung secara terus menerus pada saat setiap menyambut bulan suci Ramadhan, kerena dengan suasana masjid bersih dan rapi pelaksana ibadah menjadi lebih khusyuk,” ujar Imam Masjid.

“Kebiasan gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramadhan, namun dilakukan setiap saat sesuai dengan kodisi masjid saat itu, jikalau pada saat kondisi lingkungan masjid sudah kelihatan kotor, pengurus masjid sebagai inisiator mengambil langkah mengumumkan kerja bakti di masjid biasanya pada hari-hari jumat,”Tambahnya.

Ditempat yang Sama, Sekertaris Desa Kluting Jaya Hendrik Susanto, Mengungkapkan, untuk sementara ini selain Membersihkan Masjid belum ada rencana kegiatan Lain, “Namun bisa saja ada pada saat pertengahan atau di akhir bulan suci ramadhan nanti, “punkasnya.

Dijelaskan Sekdes, Selain membersihkan masjid, suasana gotong royong seperti ini juga dapat mempererat tali silaturahim antar warga di desa kluting jaya.

“hal-hal yang di lakukan masyarakat pada saata gotong royong di masjid diantaranya seperti membersihkan di dalam dan di luar halman masjid, memperbaiki pintu maupun jendela yang sudah mulai rusak dan lain-lain,” Sebutnya.

“Momen seperti ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturahim sesama warga yang mungkin untuk bertemu di setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukan dengan aktivitas masing-masing, seperti ada yang ke kebun dan lain lain,” Tambahnya. (Rudi.M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *