HALUT – Faktainvestigasi | 20 Orang yang terlibat Tauran di Desa Sokonora Kecamatan Galela Selatan Kabupaten Halmahera Utara, Berhasil Diamankan Polres Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara (Malut) Senin (21/03/2022).

Tauran Antar kampung itu Terjadi Pada Minggu (19/03/2022)Sekitar Pukul 23:00 WIT itu telah mengakibatkan beberapa rumah warga Rusak, Baik rusak ringan maupun rusak berat.

Kejadian ini, di benarkan oleh salah satu tokoh masyarakat Sokonora yang notabennya adalah Advokat ( Pengacara) GILBERT TUWUNAUNG,SH.

Menurutnya, kejadian berawal dari sebuah pesta malam resepsi di desa Sokonora di Lorong Tidore, Setelah itu, tiba tiba kurang lebih pukul 23.00 Wit Minggu (20/03) terjadi keributan, dari situlah terjadi Tauran Antar Warga.

“Terjadi Tauran antara warga ini, Awalnya Perkelahian dan Stelah itu terjadi saling lempar batu, dan pada Akhirnya kurang lebih 8 rumah warga rusak, diantaranya 4 rusak berat dan 4 rusak ringan,” Ceritanya.

“Mendengar Hal itu Pihaknya Langsung menyampaikan Masalah ini ke Kasat Reskrim dengan Membawa kurang lebih 7 orang saksi ke Mapolres untuk memberikan keterangan, Dikarenakan Kasat Reskrim sudah mengamnkan beberapa orang di Polres untuk penyelidikan,” ungkap Gilbert.

Sementara Kasat Reskrim Polres Halmahera Utara Elvin S. Akbar, S.IK menjelaskan bahwa “untuk kronologisnya kejadian yang sebenarnya belum bisa dipastikan sebab dari kejadian sejak malam hari Minggu 20 Maret 2022 kurang lebih pukul 23.00 Wit itu kejadian yang pertama dan kejadian yang kedua di pagi pukul 09.00 Wit Senin 21 Maret 2022, maka sementara kurang lebih 20 orang telah di amankan untuk Tahap Penyidikan” Ungkap Kasat Reskrim.

“Beranjak dari kejadian ini, Alhamdulillah telah dilakukan mediasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Halut yang di Wakili oleh Kanan Kesbangpol, Kadis Satpol PP, Ketua Komisi I DPRD Halut, Kabag OPS Polres Halut dengan kesepakatan bersama bahwa yang mana nama nama yang sudah di kumpul oleh Pihak Polres Halut wajib di hadirkan untuk di ambil keterangan sehingga masalah ini dapat terselesai dengan baik,” Ujarnya.

Saat ini, Kata dia, pihak Polres Halut telah mengamankan kurang lebih 20 orang diantaranya sebagian warga Desa Sokonora Kecamatan Galela Selatan dan sebagian lagi warga Desa Mamuya Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara. (Jefry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *