HALUT – Faktainvestigasi | Bertempat di ruangan Terminal Penumpang Pelabuhan Tobelo, Telah berlangsung Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2020-2021, Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Koperasi TKBM) Pelabuhan Tobelo, Halmaahera Utara Selasa (08/03/2022).

RAT yang di laksanakan ini adalah kelanjutan RAT yang telah terlaksana 1 Maret 2022 hari Selasa pekan Kemarin yang tidak dapat di selesaikan karena terjadi kisru perdebatan antara anggota Koparasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Koperasi TKBM) Pelabuhan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.

RAT yang berlangsung hari ini di hadiri oleh Pemerintah Daerah Halmahera Utara diantaranya Kepala Dinas Koperasi Falentino Lewakabesy, Kadis Nakertrans Rudy J Hoata, Kadis Kominfo Deky Tawaris, Kasi Lala KUPP Tobelo, Pengurus Koperasi TKBM dan Seluruh Anggotanya.

Namun sementara jalannya pelaksanaan RAT di hari ini sempat ricuh karena ada dua kelompok pro dan kontra anatara internal di Koperasi TKBM Pelabuhan Tobelo.

Karena yang menjadi prihatin serta persoalan yang sangat besar di internal tubuh Koperasi TKBM Pelabuhaan Tobelo adalah persoalan Keuangan yang mana belum terlaksananya Rapat Anggota Tahunan ( RAT) dua tahun berturut turut pelaporan Keuangan Tahun 2020 -2021 oleh Pengurus lama.

Sementara dalam tata tertib (Tatib) RAT salah satunya sebelumnya masuk di pemilihan Pengurus yang baru Makka pengurus yang lama kepemimpinan Yordan Pangety harus mempertanggungjawabkan laporan keuangan.

Yordan Pangeti katakan bahwa di hari ini RAT saat ini pengurusnya tidak dapat melapirankan keuangan karena semua data kapairan keuanga belum lengkap maka meminta waktu, dan tela disetujui oleh seluruh anggota untuk berikan waktu bagi pengurus yang lama, bahwa selama satu bulan terhintung hari ini 8 Maret 2022 sampaai April harus pertanggungjawabkan laporan keuangan.

Sehingga RAT berlanjut dengan Pemilihan Ketua secara Foting sesuai dengan daftar anggota Koperasi TKBM yang hadir di saat RAT dengan jumlah 311 orang anggota.
Calon Ketua yanng di Calonkan sebanyak dua orang yaitu Yoksan Madelu dan Buang Padule.

Akhirnya Terpilihnya Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Tobelo Yoksan Madelu Nakhodai Koperasi tersebut dan Sekertaris terpilih secara aklamasi yakni Yos Boy, serta Bendahara Merlin Masuri.

Kemudian secara resmi melalui berita acara yang di bacakan oleh Kadis Informasi dan Persandian Deky Tawaris sebagai pemimpin sidang di RAT tersebut bahwa Pengurus lama secara resmi di bubarkan dan terbentuk pengurus baru melaui rapat anggota tahunan 2020-2021 yang telah dilaksanakan ini.

Ketua Terpilih Yoksan Madelu Mengatakan Bahwa, “Kedepannya akan memperbaiki seluruh administrasi serta managem di tubuh internal TKBM yang mana kita tahu bersama, berjalan sesuai dengan mekanisme termaasuk masalah keuangan Karena ini adalah organisasi, sehingga langka serta tindakan yang dia lakukan sesuai dengan koridor rel aturan organisasi, dan tidak ada kepentingan kepentingan pribadi, terutama adallah kepentingan orang banyak demi kemajuan organisasi, maka oerlua ada perubahan,” terangnya.

Lebih tegasnya kata dia, perubhan demi organisasi bukaan kepentingan pribadi, “Namun ini adalah Amanah yang harus di laksanakan dengan penuh Tanggungjawab, Jujur serta Transparansi. ( Jefry )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *