HALTENG- Faktainvestigasi |Perintah Kabupaten Halmahera Tengah Melelui Dinas Pertanian Menggelar Pertemuan Dengan Pihak PT.IWIP Bagian Purchasing (Pembelian), Pertemuan Tersebut Bertujuan Untuk Menjalin Kerja Sama Suplai Sejumlah jenis Tanaman Bulanan dari Petani Lokal Di Halteng, Pertemuan Tersebut Bertempat Di Site PT.IWIP Sabtu (15/01/2022).

Kepala Dinas Pertanian Halteng Yusmar Ohorella mengungkapkan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka,memberikan dorongan dan spirit kepada petani lokal. Sebab, selama ini para petani bingung dengan hasil pertanian mereka, akan dijual kemana. Sehingga, dengan hadirnya PT IWIP bisa memberikan dampak baik kepada para petani.

“Kehadiran PT IWIP sangat berdampak kepada petani, karena hasil petani bisa langsung dijual ke pihak perusahan. Selain itu juga, tingkat kesegaran dan kebugaran tanaman lebih baik. Lantaran, setelah panen tampak harus menunggu lama langsung dijual, beda dengan ketika disuplai dari luar daerah,”kata Yusmar.

Dikatakan yusmar, kerja sama ini kami sangat harapkan, sebab secara tidak langsung dampak kehadiran PT IWIP akan dirasakan petani. Meskipun, tidak bekerja di PT IWIP.

“Kami sangat berharap agar kerja sama ini dilakukan, untuk menunjang petani lebih baik dan makmur,”harap Yusmar.

Sementara itu, Bupati Halteng Edi Langkara melalui wakil bupati Halteng, Abdulrahim Odeyani mengungkapkan, Petani Halmahera Tengah masih minim akan hasil tanaman yang akan dijual. Sebab, selain keterbatasan modal, petani juga keberatan jangkauan jual hasil kebun mereka. Sehingga, dengan kehadiran PT IWIP sudah memudahkan petani menjual hasil kebun mereka.

“Bentuk kerja sama untuk suplai hasil-hasil pertanian, dan diawasi langsung oleh pihak dinas Pertanian, kami yakin bisa sediakan hasil pertanian dengan baik, karena mereka sudah mengetahui dengan jelas kemana hasil kebun ini dijual,”ucap Bang Imo, sapaan wabup.

Lebih lanjut Kata imo, kehadiran PT IWIP sangat memberikan dampak baik bagi Halmahera Tengah. Sehingga, ini juga diharapkan tidak terlepas dari kerja sama, agar hasil tanaman petani bisa terjual dengan cara lebih mudah.

“Kami yakin kerja sama ini dilakukan, maka spirit, semangat, dan berkembang dari petani sangat baik,”pungkasnya.

Terpisah, Manajer Komunikasi PT IWIP, Cipto Rustianto mengatakan, Kami selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pemerintah, dalam menyukseskan hal-hal yang berdampak baik bagi masyarakat, termasuk para petani di Halmahera Tengah. Namun tentu saja, di dalam prosesnya, perusahaan tetap berpedoman pada kualitas produk.

“Selain itu, ketersediaan dan kepastian stok juga menjadi sangat penting,”tuturnya. (Asdar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *