HALUT – Faktainvestigasi | Gempa Berkekuatan 5,5 Magnitudo Kini Menguncang Kabupaten Halmahera Utara (Halut) pada Senin (10/01/2021) Sekitar Pukul 06:30 Pagi Tadi Mengakibatkan Ratusan Rumah Warga dan Fasilitas umum lainnya Rusak, Baik rusak berat maupun Rusak Ringan.

Selain Rumah dan fasilitas umum yang rusak kini dua warga Desa Kusuri mengalami luka serius dan akhirnya, Dua warga tersebut di Evakuasi ke Rumah Sakit Hohiday untuk mendapatkan perawatan medis.

Camat Kao Barat Abner Tukang Saat Di temui Awak media Senin (10/01/2021) Menyampaikan, Gempa ini sejak hari Sabtu kemarin sudah terjadi, Namun tidak separah yang terjadi saat ini, Lanjut Dia, Diwaktu Gempa Sebelumnya tidak separah yang kedua kali.

“Kalau yang pertama semua warga keluar dari rumah, akan tetapi ketika gempa yang kedua, semua warga menjadi panik dan ketakutan dan mengakibatkan rumah warga serta fasilitas umum lainnya menjadi Rusak,” jelas Camat.

“Sementara data yang di miliki Pemerintah Kecamatan kurang lebih 108 unit rumah rusak berat, sedang dan ringan serta 3 gereja rusak berat dan ringan,” Tambah Camat seraya mengatakan, sesuai informasi dari BMKG, Kemunginan masih ada gempa susulan.

Sementara Kaban Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Halmahera Utara Abner Manery mengatakan Bahwa, “sesuai Hasil survei kondisi di lapangan, ada sebanyak 198 Rumah warga yang mengalami kerusakan dan itu didua kecamatan, yakni kecamatan kao barat dan kecamatan Tobelo barat, serta 9 Fasilitas Umum diantaranya, Satu Kantor Desa dan 8 rumah ibadah (gereja),” ungkapnya.

Terpisah, Marjius Tjuluku Camat Tobelo Barat Mengatakan bahwa, Saat Gempa terjadi, ada sebanyak dua warga yang kena musibah yakni Oktovina Sasingan dan Niksen Kakaoro yang mana telah di bawa ke Rumah Sakit Hohiday untuk mendapat perawatan medis setelah itu mereka berdua telah kembali ke rumah mereka,”tutur Camat ( Jef )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *